Rabu, Maret 25, 2009

KH Muhammad Nur Fatah

Motivator TQN Suryalaya di Kalbar

BERBEDA dengan perkembangannya di Pulau Jawa yang begitu spektakuler, di Pontianak, Kalbar, Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) disebarkan oleh murid Syekh Ahmad Khatib Sambas, Shaykh Mahmud bin Muhammad, yang diteruskan kepada Habib Ahmad bin Husin al Qadri, diturunkan kepada Habib Abdurahman bin Muhammad al Hinduan, dan dilanjutkan kepada Habib Alwi bin Abdurahman al-Hinduan. Agak belakangan, dua orang khalifah yang berbeda dari tarekat yang sama: Sayyid Muhammad Ridho bin Yahya, yang menelusuri silsilah keguruannya keoada KH Muslikh, Mranggen, dan KH Muhammad Nur Fattah yang menerima ajaran TQN dari Abah Anom, Suryalaya.

KH Muhammad Nur Fatah tidak lain adalah salah seorang murid yang berguru kepada KH Abd Rani Mahmud, yang merupakan wakil talqin (khalifah) dari Abah Anom. Setelah KH Abd Rani Mahmud meninggal tahun 1991, aktivitas tarekat qadiriyah-naqsabandiyah mengalami kevakuman, maka Abah Anom di Suryalaya kemudian mengangkat KH Muhammad Nur Fatah sebagai wakil talqin untuk wilayah kalbar menggantikan KH Abd Rani Mahmud pada 16 Oktober 1994.

Posisi KH M Nur Fatah sebagai pembina majlis taklim di Pontianak sangat kondusif dalam mensosialisasikan zikir tarekat qadiriyah-naqsabandiyah. Melalui basis pembinaan seperti inilah kemudian menyebabkan jumlah anggota tarekat ini semakin bertambah. Menurut data yang tercatat untuk wilayah kota dan Kabupaten Pontianak telah mencapai 2211 orang (tahun 2004).

Jumlah ini mencakup anggota yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalbar, bahkan melampaui batas-batas negara seperti Malaysia, Brunai, Singapura, Thailand. Dari beberapa daerah ini diangkat mubaliqh yang berperan sebagai "propragandis" tarekat qadiriyah-naqsabandiyah.

Sumber : Pontianak Post

5 komentar:

  1. pusat pendidikan Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah di pontianak dimana??

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas partisipasi anda mengisi kolom komentar kami. Pusat TQN Suryalaya di Pontianak terletak di Jl. Komodor Yos Sudarso Gg. Saga
    No.27 Pontianak Kalbar
    Tlp. (0561) 778844

    Silakan menghubungi no tsb langsung kpd KH Muhammad Nur Fatah

    BalasHapus
  3. ASSALAMUALAIKUM.......
    mohon informasi tentang kegiatan yg sering diadakan oleh tarikat NAQSYABANDIYYAH beserta jadwal pelaksanaannya.....?
    '
    'terima kasih
    'wassALAM..

    BalasHapus
  4. Bagaimana dengan peran wakil talqin Kh Sholeh Thaib yang diangkat Abah dalam tahun yang sama 1994. Almarhum juga berkedudukan di Pontianak Kalbar dan turut berperan dalam pengembangan TQN di wilayah tersebut.

    Selamat Puasa Ramadhan. Maaf lakhir bathin.
    Salam hormat saya buat Ustad KH M Nur Fattah beserta keluarga KH Sholeh Thaib.

    Wasalam: Nanda (pernah bermukim di Pontianak sekitar 1996-1998)

    BalasHapus
  5. assalamualaikum...
    buat nanda
    kh. soleh..
    beliau sudah meninggal..
    wassalam

    BalasHapus