Selasa, Juli 28, 2009

Lembaga Bahasa dan Ilmu Al Qur’an (LBIQ)

Meningkatkan Pemahaman Islam dengan Mempelajari Al Qur’an

Dalam membina mental spiritual warganya khususnya di bidang pendalaman Ilmu Al Qur’an dan Bahasa Arab, Pemerintah DKI Jakarta membentuk sebuah lembaga pembelajaran. Lembaga itu adalah Lembaga Bahasa dan Ilmu al-Qur’an (LBIQ). Di dalam lembaga yang mirip perguruan tinggi ini diselenggarakan dua buah program, yakni Program Reguler dan Non Reguler.

Untuk Program Reguler, LBIQ memberikan pengajaran membaca al Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur’ani. Pengajaran Membaca Al Qur’an diselenggarakan setiap hari Selasa dan Kamis, sedangkan pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur’ani setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Program Reguler pelaksanaannya dibagi dalam 3 shift. Shift I pukul 08.00-10.00 WIB, Shift II pukul 10.00-12.00 WIB dan Shift III pukul 13.00-15.00 WIB.

Program Non Reguler menyelenggarakan Halaqah Kader Agama, Halaqah Guru Pembina (Halgubin), Pendidikan Guru Bahasa Arab (PGBA), Pendidikan Guru Agama (PGA), Kajian Al Qur’an, Studi Naskah dan Ulumul Qur’an (SNUQ) dan Tahsinuttilawah. Program Non regular dilaksanakan seminggu sekali setelah selesai Program Reguler yaitu sekitar pukul 15.30-17.00, Senin s.d. Kamis.


LBIQ tidak memungut biaya sepeser pun dalam program pengajaran ini, karena itu banyak sekali warga yang berminat untuk mengikutinya. Tercatat, sejak awal berdirinya, yaitu tahun 2004 hingga tahun 2008 berturut-turut untuk Pengajaran Membaca Al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur’ani peserta LBIQ semakin meningkat. Catatan terakhir, di tahun 2008 ada 4281 warga yang mengikuti program pengajaran Membaca Al Qur’an, 2015 warga mengikuti program pengajaran Bahasa Arab dan 714 warga mengikuti program pengajaran Bahasa Arab Qur’ani.

Lokasi LBIQ pada mulanya terletak di kawasan Tanah Abang, kemudian pada awal tahun 2008 LBIQ berpindah ke gedung kantor Walikota Jakarta Selatan yang lama, tepatnya di Jl. Trunojoyo 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Diapit oleh Gedung Sekretariat ASEAN dan Gedung Mabes Kepolisian Republik Indonesia. LBIQ menempati dua lantai di BLOK V, yaitu di lantai 5 dan 6. Tersedia 9 ruang belajar untuk para peserta, dari Ruang A hingga Ruang I.

Lembaga yang dipimpin oleh H. Damanudin Ibnu Majani, SE, Msi ini merekrut tim dosen dari berbagai perguruan tinggi di DKI Jakarta. Sebagian besar dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Biasanya LBIQ membuka pendaftaran baru untuk Program Reguler tiga bulan sekali, Pendaftaran yang terdekat ini akan dibuka pada 10-12Agustus 2009 Pukul 09.00-15.00 WIB. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa masuk menjadi peserta LBIQ. Calon peserta hanya disyaratkan menyerahkan fotocopy KTP/identitas diri lainnya (Tidak harus DKI Jakarta), Pasfoto ukuran 3X4 berwarna tiga lembar, mengisi formulir pendaftaran dan membayar kupon ZIS sebesar Rp.10.000,- saja. Untuk menghubungi petugas pendaftaran silakan hubungi (021) 722 4238.

Selanjutnya akan diadakan tes tulis dan lisan untuk menyaring calon peserta. Hasil tes ini akan mengklasifikasikan para calon peserta pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur'ani dalam 9 kategori, yaitu Dasar 1 hingga Dasar 3, Menengah 1 hingga Menengah 3 dan Lanjutan 1 hingga Lanjutan 3. Sedangkan untuk Program membaca Al Qur'an di bagi dalam Dasar 1 hingga Dasar 2, Menengah 1 hingga menengah 2 dan Tartil 1 hingga Tartil 2.

Calon-calon peserta yang telah lulus tes akan memulai belajarnya seminggu kemudian. Dalam tiga bulan mereka akan menempa pelajaran dari tiga program yang diselenggarakan sesuai dengan klasifikasi tingkatannya. Di akhir bulan ke-3, para peserta akan menerima ujian kenaikan tingkat, berupa tes tulis dan lisan. Dengan demikian peserta LBIQ butuh waktu 9 kali 3 bulan atau kurang lebih 2,5 tahun untuk menuntaskan pendidikannya dari tingkat Dasar 1 hingga Lanjutan 3.


Sedang untuk Program Non Reguler, masa belajarnya lebih pendek dari Program Reguler, yaitu hanya satu tahun saja. Pelaksanannya pun hanya seminggu sekali. Biasanya pembukaan untuk pendaftaran peserta baru dilaksanakan pada awal tahun.

Peserta LBIQ terdiri dari berbagai latar belakang, diantara mereka ada mahasiswa atau mahasiswi yang sedang menempa ilmu di perguruan tinggi lain, pedagang, karyawan lepas, para ustadz, ibu-ibu rumah tangga, para pensiunan dan lain-lain.

Terlihat kesibukan di lokasi LBIQ ketika pergantian waktu belajar. Ratusan orang menapaki anak-anak tangga, naik dan turun dari lantai 1 hingga lantai 6 dengan penuh semangat. Demi menekuni dan keinginan kuat untuk menguasi ilmu-ilmu Al Qur’an dan Bahasa Arab meski sebagian besar peserta usianya tidak lagi muda.

Semoga Allah SWT memberkahi dan memudahkan mereka menimba ilmuNYa. (han)


31 komentar:

  1. aslm mau tanya mas...kira2 alamat LBIQ sekarang dimana ya???! terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Alamat LBIQ sekarang adalah Jl. Jatinegara Barat (+/- 100m dari Terminal Kp. Melayu ke arah utara/ ke arah Senen).

    BalasHapus
  3. aslm....pendaftaran bulan skrg dbuka g???syukran

    BalasHapus
  4. Aslm...pendaftaran kapan ada lagi yah mas....?
    Syukran

    BalasHapus
  5. assalamualaikum..tuk pendaftaran kapan lagi dibukanya? terima kasih tuk infonya.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. saya minta alamat LBIQ yang sekarang, mohon infonya. terimakasih.

      Hapus
  7. Bgmn sy yg ingin bljr,hnya pnya wkt sabtu atu minggu,ada ga yg blajar hr minggu...syukron

    BalasHapus
  8. Mohon info no. Telp. LBIQ

    BalasHapus
  9. LBIQ yg deket terminal kampung melayu udh gak ada, boleh tau info pindah kemana sekarang ? mohon di share alamat lengkapnya.

    BalasHapus
  10. https://www.tokopedia.com/rubaiyatjakarta/buku-dvd-4-jam-melek-quran-secara-otodidak-metode-rubaiyat

    BalasHapus
  11. alamat LBIQ baru. Gedung mental. Spiritual. Jl. K.h. mas mansyur, karet tanah abang, seberang stasiun kereta api karet. Atau seberang jenbatan layang.

    BalasHapus
  12. alamat LBIQ baru. Gedung mental. Spiritual. Jl. K.h. mas mansyur, karet tanah abang, seberang stasiun kereta api karet. Atau seberang jenbatan layang.

    BalasHapus
  13. alamat LBIQ baru. Gedung mental. Spiritual. Jl. K.h. mas mansyur, karet tanah abang, seberang stasiun kereta api karet. Atau seberang jenbatan layang.

    BalasHapus
  14. Mohon info kapan ada pendaftaran baru lagi? Salam 08161993510

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum.
    Lbiq sudah mulai buka pendaftaran lagi belom?

    BalasHapus
  16. Gedung LBIQ yang sekarang dekat gedung bazis di tanah abang ya oya pendaftaran pendidikan bahasa arab kapan ya ? Trima kasih infonya ya

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum. Pa mohon info untuk belajar baca alquran kapan mulai pembukaannya?
    Terimakasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum. Pa mohon info untuk belajar baca alquran kapan mulai pembukaannya?
    Terimakasih
    Assalamualaikum

    BalasHapus
  19. Ass wr wb,
    IhkwanFillah
    Mohon Info...apakah tahun 2016 ini masih ada penerimaan.

    kalau awal tahun..bulan apa penerimaannya.

    Mohon Infonya

    terima kasih

    BalasHapus
  20. Assalamu alaikum, bpk atw ibu pengelola LBIQ, mohon info apakah kantor LBIQ buka tiap hari ya pak ?? apakah jam kantor saja ?? atau ada penjelasan lain ?? TKS , wassalamu alaikum

    BalasHapus
  21. Assalamu alaikum,minta info pendaftaran kapan lagi ya,trimakasih wassalamu alaikum

    BalasHapus
  22. assalamualaikum wr wb.
    Saya berminat belajar bahasa Arab. Qadarullah, setiap hari saya kerja sampai jam 5 sore. Adakah kelas bahasa Arab malam hari. Jazzakallahu

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum..Alamatnya masih d jatinegara kah? Kapan dibuka pendaftarannya..jazakumullah khoir

    BalasHapus
  24. assalamu'alaikum.. adakah hari ahad untuk bahasa arab?

    BalasHapus
  25. السلام عليكم
    Para asatidz,,saya mhn info buat pendaftaran peserta baru kpn yaa?

    BalasHapus
  26. السلام عليكم
    LBIQ sejak 3thn lalu berada di Tanah Abang, Jl.Awaluddin II, gedung: Graha Mental Spiritual lantai 2-3, masuk dari Jl.Mas Mansyur. Satu gedung dengan Pramuka, Pajak, BAZIZ, KODI & LPTQI.

    untuk program regular: Bhs Arab & Bhs Arab Qur'ani (Senin, Rabu,Jum'at), dan Al Qur'an (Selasa, Kamis) Sabtu - Ahad libur.
    Penerimaan/ pendaftaran diadakan 3bln sekali. (Jan-Maret belajar, April ujian kenaikan tingkat langsung libur, saat libur akan ada pendaftaran pelajar baru kemudian ujian, pengumuman hasil ujian pelajar baru berbarengan dgn hasil ujian kenaikan, tgl masuk juga berbarengan semua, bulan mei-juli. Agustus ujian dan libur + penerimaan pelajar baru demikian seterusnya. Untuk tepatnya kapan waktunya datang saja langsung.

    BalasHapus
  27. Insyaa Allah saya bisa diterima bila saya mendaftar Belajar membaca Alqur'an besok.

    BalasHapus
  28. Kapan dibuka pendaftaran kelas bahas arab ? Mohon infonya

    BalasHapus
  29. Kapan ada pendaftaran baru kalau kader dai ada gak daftarnya kemana syukron

    BalasHapus
  30. kapan pengumuman kenaikan kelas krn selama corona kan belajar online.. ujian juga online

    BalasHapus