Selasa, November 24, 2009

Mengenal Gerbang Globalisasi

Reportase Pelatihan Dasar Internet

Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja pengurus perwakilan di lima wilayah DKI Jakarta, Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Korwil DKI Jakarta (baca: Korwil Jakarta) mengadakan Pelatihan Internet Tingkat Dasar. Sesuai namanya, pelatihan ini ditujukan kepada pengurus perwakilan yang belum pernah sama sekali berhubungan dengan dunia internet.

Pelatihan dilaksanakan di salah satu warnet di bilangan Jakarta Timur yang memiliki fasilitas cukup memadai pada Sabtu 21 Nopember 2009. Korwil Jakarta menyewa fasilitas paket untuk limabelas orang dari pukul 09.00 wib hingga pukul 13.00 wib.

Pelatihan kali ini diikuti oleh utusan tiga perwakilan dari lima perwakilan yang diundang, yakni Perwakilan Jakarta Utara, Barat dan Timur. Jakarta Utara diwakili oleh Maksum Saputra, H. Mulyoputro, Slamet Supriyanto, Waiyono (Hudaya Jakarta utara), Ansori dan Andi Baso, Jakarta Barat diwakili oleh H. Saaman dan Niswan, Jakarta Timur diwakili oleh Ibnu Hazen dan Mela Suratno serta Ibu Hj. Maya dari Korwil Jakarta.

Sayang, utusan dari perwakilan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan tidak hadir, padahal kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat terutama dalam mendukung kinerja perwakilan. Ke depan kemampuan menggunakan internet ini sangat dibutuhkan terutama untuk mempercepat kinerja koordinasi.


Bertindak selaku instruktur adalah para praktisi dunia internet yang juga alumnus Pelatihan Muballigh Tasawuf (PMT) Angkatan I Yayasan Aqabah Sejahtera, yakni Heri Kusworo yang sehari-hari bergelut dalam dunia informatika di kantornya dan Handri Ramadian aktivis dakwah yang jebolan Teknik Komputer Pendidikan Ahli Teknik Industri Gadjah Tunggal (PATIGAT) Tangerang.

Peserta pelatihan diperkenalkan cara menggunakan internet melalui media browsing yang sering digunakan oleh para pengguna internet. Bagaimana cara memperoleh informasi dalam bentuk teks maupun gambar dengan search engine yang sudah familiar di Indonesia, mengunduh (downloading) dan mengunggah (uploading) informasi dari dan ke dunia internet, membuat alamat surat elektronik (email address), cara membuat surat elektronik, mengirim dan menerimanya, cara mendaftar untuk menjadi anggota (member registration) sebuah portal komunitas dan lain-lain.


Pelatihan singkat ini agaknya tidak mampu menampung kehausan peserta untuk berselancar lebih lama di dunia internet. Bekal awal sudah dimiliki, tinggal mereka mengembangkannya dengan sering berinteraksi melalui internet. Semoga pembekalan wawasan global kepada pengurus perwakilan akan lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi mereka dalam usaha khidmah kepada Wali Mursyid Pangersa Abah Anom. (Han)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar