Rabu, Januari 12, 2011

Safari Dakwah VI Jogja-Magelang-Semarang-Tegal

Korwil DKI Jakarta untuk keenam kalinya sejak tahun 2009 membentuk tim Safari Dakwah (SD) ke wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Safari Dakwah terakhir pada 26 Desember 2010 – 6 Januari 2011 adalah menindaklanjuti program Safari Dakwah keempat dan kelima.
Safari Dakwah keempat pada 24-31 Oktober 2010, bersamaan waktunya dengan erupsi pertama Gunung Merapi di DI Yogyakarta (26 Oktober 2010) yang semburan awan panasnya banyak memakan korban yang bermukim di lereng-lereng Gunung Merapi. Saat itu, tim SD langsung membagi tim dalam dua kelompok. Satu kelompok melaksanakan program yang telah direncanakan, kelompok lainnnya langsung mensurvey ke lokasi bencana dan tempat penampungan pengungsi. Tim kedua ini mengobservasi segala hal yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan para pengungsi.

Tim SD segera bergerak cepat, dengan bantuan teknologi mutakhir yang sudah ada dalam genggaman, informasi-informasi up to date dipublikasi ke jejaring-jejaring sosial (facebook, yahoo messenger, blackberry messenger dan website www.tqn-jakarta). Hasilnya ada beberapa donasi terkumpul dan langsung disalurkan melalui acara nada dan hikmah di penampungan pengungsi Kepuharjo, Kabupaten Sleman, kurang lebih 5 kilometer dari puncak merapi.

Safari Dakwah kelima diselenggarakan ba’da Idul Adha 1431 H. Dengan terlebih dahulu memohon restu dari Waly Mursyd TQN Ponpes Suryalaya Syekh Ahmad Shahibul Wafa Tajul ‘Arifin. Tim SD membawa tim yang lebih besar, termasuk membawa serta dua alumni Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Lathifah Mubarokiyah (IAILM) Ponpes Suryalaya, yakni Ust. Abdul Hakim dan Ust. Subhan. Di tempat tujuan dakwah, terutama di lokasi-lokasi pengungsian, tim memberikan pencerahan-pencerahan untuk pembinaan mental para pengungsi dalam menghadapi musibah erupsi Gunung Merapi. Juga menyembelih dan menyalurkan donasi hewan qurban yang dikumpulkan melalui Korwil DKI Jakarta sebanyak 20 ekor kambing dan satu ekor sapi.

SD yang paling anyar kali ini menuju destinasi-destinasi sebagai berikut, yakni ke Dusun Nganggring Desa Girikerto Kabupaten Sleman untuk menyelenggarakan Kursus Tasawuf yang pesertanya adalah warga dusun tersebut pada 28 dan 29 Desember 2010. Kemudian ke Dusun Cangkringan Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman untuk tabligh akbar pada Kamis malam Jum’at, 30 Desember 2010. Di Dusun Cangkringan akan dibangun Pondok Pesantren Tahfizhul Quran dan Pembinaan Muallaf yang berdiri di atas tanah wakaf seluas 1000 meter persegi. Selanjutnya beraudiensi dengan wakil talqin TQN Suryalaya di DI Yogyakarta, KH. Thoha Abdurrahman yang baru saja sembuh dari penyakit stroke pada Jum’at siang 31 Januari 2010.

Destinasi selanjutnya menggelar Kursus Tasawuf sehari bersama kawan-kawan Kelompok Pengajian Perisai Tauhid di Dusun Pringwulung Condong Catur Kabupaten Sleman pada 1 Januari 2011. Kelompok pengajian yang dipimpin oleh Ust. Willy Lasiman ini banyak bergerak dalam pembinaan muallaf. Dilanjutkan pada malam harinya menuju Dusun Ngentak 1 dan Ngentak 2 Desa Kalibening Muntilan Magelang untuk menggelar Tabligh Akbar, Talqin Dzikir TQN Suryalaya dan penyaluran sembako kepada 100 kepala keluarga.

Tengah malam seusai acara, tim SD bergerak menuju Kota Semarang, guna mengisi acara pengajian umum yang dihadiri 1000-an alumnus haji salah satu biro travel umroh dan haji terkenal dan terbesar di Kota Semarang pada pagi hari tanggal 2 Januari 2011. Malam harinya, Tim SD bersilaturahim dengan ikhwan-akhwat TQN Suryalaya di Kota Semarang dan sekitarnya. Silaturrahim yang dihadiri Wakil Talqin TQN Suryalaya di Semarang sekaligus Ketua YSB Korwil Jateng, KH. Anhari Basuki serta pengusaha-pengusaha muda Kota Semarang digelar dalam acara pengajian yang berakhir pada pukul 23.00 WIB.

Keesokan harinya 3 Januari 2011, tim SD bersiap bertolak menuju Kawasan Wisata Guci Kabupaten Tegal. Di Kawasan tersebut telah bersiap sembilanpuluhan ikhwan-akhwat TQN Suryalaya yang akan menerima dua event penting, yakni Kursus Tasawuf dan Pelatihan Muballigh Tasawuf.

Dua event tersebut akan digelar pada 4 dan 5 Januari 2011. Kawasan Guci ini merupakan destinasi terakhir tim SD. Baru kemudian pada 6 Januari 2011, tim SD bertolak pulang menuju Jakarta.

Selanjutnya laporan-laporan per event akan disajikan dalam artikel-artikel lainnya (han)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar